Minggu, 11 November 2012

Prambanan, Roro Jonggrang Putri Batu yang Tersohor

Satu hal lagi yang akan saya postinkan malam ini, yakni sebuah candi yang berada di perbatasan antara Jogja dan Jawa tengah. Prambanan, Sebuah candi yang berasal dari jaman hidhu budha dengan aliran hidhu ini memiliki beberapa komplek candi yang besar dan memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Beberapa acara adat agama hindu sering dilaksanakan di pelataran candi yang memiliki halaman yang luas. Selain acara keagamaan candi ini juga sering digunakan untuk jambore nasional yang kerap diadakan. Mitos candi Prambanan dengan Roro jonggrang Putri batu yang terkena kutukan ini memiliki beberapa anak candi yang menyebar dengan ukuran dan nama yang beragam. Menurut masyarakat setempat dan juru kunci candi mengatakan bahwa patung perempuan yang cantik itu sebelumnya adalah seorang putri. Beberapa pengunjung yang penasaran ingin melihat sosok putri yang menjadi batu sering berbondong - bondong datang dari kota masing - masing hanya untuk melihatnya.
Pada jaman dulu roro jonggrang yang merupakan batu yang berwujud perempuan itu adalah seorang putri dari kerajaan yang sangat kaya dan maju. Sebelum terjadi hal yang sangat mengerikan tersebut kerajaan dan masyarakatnya sangat sejahtera dan tenang. Suatu saat datang lah seorang pemudan yang gagah dan tampan bernama Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso merupakan putra mahkota dari kerajaan lain. Dia datang kekerajaan putri roro jonggrang karena mendengar bahwa  ada seorang putri yang cantik jelita. setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh sang pangeran merasa puas dan tidak menyangka bahwa putri tersebut benar sangat canti.
Tidak lama setelah sampai sang pangeran beristirahat sejenak untuk menghilangkan lelah. Beberapa jam kemudian sang pangeran berencana mendatangi purtri yang menjadi idamannya. Tetapi tanggapan sang Putri roro jonggrang tidak seperti yang diharapkan. Sang putri menolak bandung bondowoso yang kaya dan tampan ini. Sang pangeran tidak menyerah untuk mendapatkannya, hingga roro jonggrang luluh tetapi dia mengajukan syarat jika ingin menjadi suaminya. Syarat yang diajukan cukup sulit,yakni harus membangun 1000 candi dalam semalam. Sang pangeranpun meneyetujuinya dan mulai membangun candi pada malam berikutnya. Dengan dibantu bangsa jin sang pangeran dengan cepat menyelesaikannya, dan hanya kurang satu candi saja. Karena sang putri tidak mau menikah dengan Bandung Bondowoso dengan segala upaya berniat untuk menggagalkannya. Dengan cara menyuruh ayam - ayam berkokok lebebih awal, Bandung bondowoso sendiri mendengar kokok ayam tadi dan merasa curiga, Dia menyelidiki ternyata Roro Jonggrang berbuat curang dan mengutuknya menjadi batu untuk melengkapi kekurangan candi yang hanya satu. Sampai saat ini yang dikenal sebagai Prambanan, Roro Jonggrang Putri yang terjebak di Batu ini sesekali meneteskan air matanya.
Candi Prambanan, dan Roro Jonggrang Putri Yang Terjebak Di Batu ini sangat menarik wisatawan yang datang hanya sekedar untuk melihat atau memegang. Beberapa wisatawan yang berhasil diwawancarai mengatakan sangat puas dengan apa yang dilihat karena arsitektur patung tersebut sangat asli dan mirip dengan putri sebenarnya. Dengan hanya membayar biaya masuk yang tidak mahal anda akan melihat betapa besar dan indahnya arsitektur candi yang mungkin hanya satu di Dunia. Sebagai warga sekitar candi sering memanfaat moment datangnya wisatawan untuk menjajakan jajanan khas dan cindera mata atau miniatur candi Prambanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar