Rabu, 14 November 2012

Alat Musik Khas Jawa Kwalitas Internasional

 Di Indonesia terdapat berbagai pulau - pulau yang terpisahkan oleh laut, Dengan masing - masing pulau memiliki kesenian dan budaya yang berbeda- beda. Hal inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan Budaya. Dari Kesenian tari, Alat musik, Upacara adat setiap daerah di Indonesia berbeda - beda. Beberapa kesenian menjadi komoditas pariwisata bagi daerah masing - masing. Selain wisata serta kesenian di Indonesia juga terdapat alat musik khas Jawa yang berkualitas Internasional yaitu gamelan. Kenapa alat musik ini dikatakan alat musik Internasional tidak lain karena sudah pernah dimainkan di luar negeri seperti USA dan Negara - Negara besar lainnya. Alat musik khas jawa ini memiliki keunikan yaitu harus dimainkan secara berkelompok supaya tercipta nada yang selaras. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengiringi tarian- tarian tradisional dari pulau jawa dan lainnya.
Gamelan sendiri pada jaman dahulu digunakan untuk mengiringi tarian tradisional yang hanya diselengarakan di kerajaan. Dalam kerajaan sering mengadakan pesta rakyat untuk merayakan suatu hal tertentu seperti panen yang melimpah. Dengan diadakan pesta yang melibatkan tarian serta Alat Musik khas jawa ini masyarakat berkumpul di halaman kerajaan untuk menyaksikan beberapa kesenian yang akan di pentaskan.
Saat ini alat musik khas dari pulau jawa ini sudah mulai terlupakan karena budaya modern yang masuk di Indonesia. Hanya beberapa Instansi atau perguruan tinggi yang masih mempelajari alat ini. Dan ironisnya hanya sedukit yang mampu menguasai dan memainkan alat ini karena keterbatasan usia merekan yang sudah tidak muda lagi untuk memainkannya. Anak muda di jaman ini lebih memilih bergelut dibidang yang lebih modern. Para pelaku yang memainkan alat musik yang sering dicari untuk koleksi ini sudah tidak seperti dulu lagi.
Alat Musik khas Jawa yang berkwalitas internasional ini juga sering diburu oleh kolektor- kolektor baik dari mancanegara maupun dalam negeri. Merekan memiliki alasan tersendiri untuk berburu alat musik ini, kebanyakan dari mereka beralasan ingin mendengarkan keindahan dan suara khas yang dimiliki gamelan tersebut. Kerena tidak semua negara memiliki alat musik seperti ini. Bahkan di Indonesia sekarang banyak terdapat les atau privat khusus untuk mempelajari dan menguasai alat ini. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan dari luar negeri yang datang ke Indonesia untk berlibur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar