Kamis, 15 November 2012

Makan khas Dari Buah Nangka dengan Rasa Manis dari Wijilan Yogyakarta

Postingan yang ini akan membahas makanan yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Mungkin bagi masyarakat jawa sudah tidak asing lagi dengan nama Gudeg Jogja. Tetapi bagi anda yang merupakan Masyarakat yang berada diluar jawa mungkin sangat asing dengan makan dari buah Nangka yang memiliki cita rasa yang manis dan merupakan makanan khas dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg, merupakan makan yang berasal dari buah Nangka yang memiliki rasa manis dan berwarna merah gelap ini sangat lezat disantap ketika sarapan atau pagi hari.
Struktur makanan yang kasar tetapi empuk ini menjadi makanan wajib dihidangkan ketika ada acara di dalam kraton jogja.

Cara pengolahan yang unik dan menggunakan bahan - bahan dari alam ini menjadi makanan ini sehat dan aman untuk di santap, bahkan tanpa bahan pewarna dan pengawet sekalipun. Warna merah yang didapat ini berasal dari daun jati yang dijadikan alas atau tutup saat memasak. Daun jati yang memiliki getah berwarna merah ini menjadikan warna dari buah Nangka ini menjadi Merah gelap dan sehat. Sedangkan Struktur daging buah Nangka yang dulunya keras dan alot menjadi lembut ini berasal dari santan yang dimasak hingga kering. Waktu yang lama juga akan mempengaruh kelembutan dari daging buah nangka yang dimasak.

Makanan dari buah Nangka yang manis dari Yogyakarta ini biasanya disajikan dengan beberapa komposisi masakan atau lauk yang cukup menggiurkan. Para penikmat kuliner Gudeg ini biasanya sangat senang dengan kombinasi nasi, gudek dan telur. Bahkan ada yang meminta dengan ayam dipotong kecil - kecil. Dengan ditemani sambal yang tidak terlalu pedas akan menambah cita rasa yang beragam di dalam mulut. Seperti yang dikatakan pengunjung warung lesehan yang menyediakan sajian Gudeg, mereka sangat merasakan sensasi yang berbeda saat menyantap makanan yang bercita  rasa manis yang menjadi ciri khas makanan dari jogja.

Dikota asalnya Yogyakarta sangat banyak penjual Gudeg dengan warung lesehan dipinggir jalan atau diemperan malioboro yang menjadi pusat kota jogja. Bagi anda yang ingin merasakan lezatnya masakan dari Jogja tidak perlu susah payah karena hampir setiap jalan ada yang menjual nasi gudeg. Anda yang menyukai hiburan, biasanya di jalan Malioboro para penjual Gudeg juga menyediakan "Live Music", sehingga anda merasakan sensasi yang berbeda makan dengan diiringi musik secara langsung. Dengan harga yang terjangkau akan memanjakan dengan pilihan yang banyak. Saat anda berkunjug ke Yogyakarta wajib untuk mencicipinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar