Jumat, 30 November 2012

Goa Gong, Suara Gong yang Menggema di Dalam Goa


Sebuah goa yang terletak di desa Bomo, kecamatan Punung, kabupaten Pacitan. Akan butuh setengah jam perjalanan menuju lokasi jika anda berada di pusat kota pacitan.Anda dapat menuju lokasi dari berbagai daerah yang merupakan perbatasan antara kedua kota besar di jawa tengah. Bila anda berada di kota Yogyakarta, anda dapat menempuh jalur wonosari, solo, kemudian akan masuk daerah ponorogo jawa timur. Dengan menggunakan kendaraan pribadi jarak yang ditempuh untuk menuju lokasi cukup pendek karena tidak harus mengikuti rute bus kota yang akan mengantarkan anda. Cara cepat untuk menuju lokasi yakni dengan menggunakan kendaran pribadi kemudian mengambil jalur melewati solo. Kota solo dipilih sebagai jalur karena konstruksi jalan yang halus dan rata akan mempermudah dan mempercepat anda untuk mencapai lokasi. Walaupun kondisi jalan yang halus dan rata anda harus tetap tenang karena setelah jalur ini akan anda temui jalan yang kondisinya berbelok tajam dan naik turun. Tidak terlalu jauh dengan objek wisata goa lainnya yakni goa tabuhan, satu dari beberapa goa yang menarik untuk dikunjungi
Pasti anda sudah sangat mengenal denga julukan yang diberikan kabupaten Pacitan sendiri. Kota 1001 goa merupakan julukan yang akan mudah teringat dipikiran anda. Alasan pemberian julukan tersebuat karena kabupaten pacitan memiliki banyak sekali goa yang indah dan terkenal. Salah satunya adalah Goa Gong, Suara Gong yang Menggema di Dalam Goa. Kenapa pacitan memiliki banyak goa yang indah dan menawan. Menurut ahli geografi kota pacitan merupakan jalur dari pegunungan kapur di pulau jawa. Titik awal dari gunung kapur tersebut dalah di daerah Kebumen kemudian menuju arah timur di kabupaten gunung kidul yogyakarta dan berlanjut hingga pacitan dan berhenti di kota Malang. Pegunungan kapur memiliki identitas dengan adanya goa bawah tandah yang sebelumnya adalah jalur aliran sungai bawah tanah yang membentuk pola yang menarik. Setelah mengering akan terihat beberapa lorong yang disebut goa.
Alasah mengapa goa ini sering disebut goa gong karena dulu menurut cerita rakyat setempat suara yang menyerupai gong sering terdengar dan menggema di dalam goa tersebut. Gong adalah alat musik gamelan jawa yang dibuat dari perunggu atau kuningan. Cara memainkan gong ini adalah dengan cara dipukul dengan diiringi beberapa instrumen lain akan menjadika suara gong lebih indah. Suara yang besar menjadi ciri khas gong yang menjadi penanda berakhirnya paduan suara tersebut. Setelah memasuki wilayah komplek wisata goa gong, anda harus berjalan sekitar 100 meter untuk mencapai pintu goa yang menjadi simbol kota pacitan ini. Jika anda sudah masuk di dalam goa pasti akan kaget karena ornamen yang terbentuk alami menghasilkan stalaktit dan stalakmit yang indah di dalamnya. Ditambah dengan cahaya lampu yang memiliki warna berbeda akan menambah begitu mempesonanya Goa gong. Goa Gong, Suara Gong yang Menggema di Dalam Goa. Selain cahaya lampu yang bertujuan untuk menambah keindahan di dalam goa, lampu ini juga bertujuan untuk membantu pencahayaan di dalam goa agar anda tidak terpelesat ataupun tersesat. Dengan terbentuknya stalaktit dan stalakmit yang masih muda, ditambah dengan cahaya lampu yang di pantulkan dari stalaktit dan stalakmit menjadikan pemandangan yang sangat luar biasa. Tidak heran jika goa ini disebut goa terindah di asia tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar